Image

3 Jenis Pencahayaan untuk Rumah

Agregasi Sabtu 14 Januari 2017, 18:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 14 470 1591636 3-jenis-pencahayaan-untuk-rumah-cFxANv9EO7.jpeg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Salah satu elemen penting untuk menjadikan rumah Anda nyaman adalah penataan cahaya yang tepat. Karena pencahayaan mampu memaksimalkan efek dari cat dinding rumah Anda, sehingga menimbulkan kesan hangat maupun dingin. Mengingat fungsinya yang berbeda, maka tiap ruangan rumah seharusnya memiliki jenis pencahayaan yang berbeda pula.

Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak salah dalam menata pencahayaan di tiap ruangan rumah. Artikel yang dikutip dari Balkonie.com ini akan memberikan info seputar jenis-jenis pencahayaan, dan ruangan yang cocok dengan jenis tersebut.

3 Jenis Pencahayaan

Pada umumnya, terdapat 3 jenis pencahayaan yang sering digunakan pada rumah. Mereka adalah task lightingambient lighting, dan accent lighting.

Task Lighting

Pencahayaan ini ditargetkan pada satu area tertentu dan juga berguna untuk menerangi suatu fungsi tertentu. Penggunaan task lighting cocok untuk dapur dan ruang makan, karena berfungsi dengan baik saat Anda memasak atau menyiapkan makanan. Pencahayaan ini juga dapat menerangi makanan yang akan disantap.

Selain itu, task lighting juga ideal diaplikasikan pada ruang keluarga, dengan menyinari area sofa yang dapat digunakan untuk membaca buku. Ruangan lain yang juga serasi dengan jenis pencahayaan ini adalah area mandi, yang terdapat di kamar mandi Anda.

Ambient Lighting

Gaya pencahayaan ini disebut juga sebagai pencahayaan umum, yang dapat menerangi keseluruhan ruangan. Ambient lighting ditujukan untuk memberikan tingkat terang yang sama pada sebuah ruangan. Maka dari itu, penggunaan ambient lighting dapat diselaraskan dengan ruang keluarga dan kamar tidur. Ini karena jenis pencahayaannya yang bersifat praktis dan memberikan efek menenangkan.

Namun penggunaan ambient lighting tidak terbatas pada satu atau dua ruangan saja, karena ini merupakan pencahayaan umum. Jadi, pilihan bergantung di tangan Anda. Terdapat beberapa variasi lampu yang sesuai dengan gaya pencahayaan ini, yaitu lampu gantung, lampu yang menempel di langit-langit, lampu berdiri yang menerangi dinding, dan juga lampu dinding.

Untuk pemasangan lampu gantung, ada baiknya bila diserasikan dengan void atau ruang menerus dan kosong yang menghubungkan lantai satu dengan lantai di atasnya pada ruangan. Selain menghadirkan nuansa berbeda, kehadiran void juga mampu menimbulkan kesan lega pada interior rumah.

Accent Lighting

Pencahayaan ini juga disebut sebagai lampu sorot, dimana tujuan penggunaannya adalah untuk memperlihatkan objek tertentu, seperti karya seni, pahatan, tanaman, atau rak buku. Pencahayaan jenis ini cocok digunakan di ruangan outdoor, seperti teras atau halaman belakang untuk memperlihatkan tanaman yang ada, dan menunjukkan titik utama (focal point) dari kedua area rumah tersebut.

Accent Lighting juga berfungsi baik untuk menerangi tangga karena alasan keamanan. Salah satu contohnya adalah tangga, yang seharusnya disinari oleh lampu dengan baik untuk menghindari resiko yang terjadi.

Prosedur yang tepat untuk menata pencahayaan di rumah Anda, sebaiknya dimulai dari ambient, accent, dan terakhir task lighting. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda, karena tahapan pencahayaan tersebut bergerak dari umum ke spesifik. Namun jangan biarkan hal ini menahan kreatifitas Anda. Selama telah mengetahui ketiga fungsi pencahayaan ini, maka Anda bebas menggunakannya di ruangan manapun yang diinginkan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini