Harga BBM Subsidi 'Aman' hingga Maret

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Minggu 15 Januari 2017 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 15 320 1592039 harga-bbm-subsidi-aman-hingga-maret-x8ZukrFvev.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga bahan bakar minyak (BBM) dipengaruhi oleh gejolak harga minyak mentah dunia. Sehingga kenaikan harga minyak dunia sepanjang pekan ini memunculkan wacana mengenai kenaikan harga BBM yang menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat.

Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi mengatakan, jika pihaknya sudah sepakat bahwa subsidi BBM tidak akan dicabut sehingga harganya tidak akan naik sampai dengan Maret 2017.

"Di rapat pembahasan tentang RAPBN 2017, asumsinya kita bicarakan termasuk asumsi harga minyak dan besaran subsidinya, baik BBM maupun elpiji. Nah prinsipnya memang bahwa untuk subsidi BBM sudah sepakat tidak akan dicabut," ungkapnya di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Adapun BBM yang bersubsidi tetap seperti solar tidak akan dinaikkan. Jika pun terjadi kenaikan, ia menyebut bahwa BBM nonsubsidi yang akan mengalami kenaikan harga.

"Jadi dengan keadaan sekarang ini, Komisi VII tetap berpendapat bahwa untuk BBM bersubsidi memang harus ada tetap subsidinya, mengingat harga minyak dunia naik. Sehingga kami berpendapat bahwa BBM bersubsidi itu memang tidak perlu ikut naik," ungkapnya.

Dia melanjutkan, memberikan pendapat bahwa untuk BBM bersubsidi itu ditetapkan sekali setahun saja tapi akhirnya tiga bulan sekali. Untuk BBM bersubsidi tetap komisi VII berpendapat negara harus tetap memberikan subsidi kepada BBM bersubsidi.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini