9 Negara Paling Kompetitif untuk Berbisnis

Raisa Adila, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 06:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 17 320 1593958 9-negara-paling-kompetitif-untuk-berbisnis-x8tnCVPqqc.jpg Ilustrasi : Reuters

JAKARTA - Sekolah bisnis INSEAD telah merilis laporan tahunan Global Talent Competiveness Index (GTCI). Laporan tahunan ini mengukur kemampuan negara untuk bersaing dalam melakukan bisnis.

Penilaian dalam peringkat ini meliputi sistem pendidikan yang memenuhi kebutuhan ekonomi, kebijakan ketenagakerjaan yang mendukung fleksibilitas, mobilitas dan kewirausahaan.

Dalam daftar tersebut, didominasi oleh negara-negara Eropa. Namun, terdapat juga negara Asia yaitu Singapura.

Sementara itu, Indonesia tidak masuk peringkat sembilan besar. Indonesia menduduki posisi ke-90.

Berikut daftar sembilan negara yang paling kompetitif untuk melakukan bisnis melansir Business Insider.

9. Finlandia

Negara Eropa Utara yang dikenal dengan baiknya pendidikan formal, mendapat peringkat tinggi dalam kemampuannya untuk bisnis rumahan. Lingkungan bisnis juga memperoleh peringkat tinggi dan juga adanya peraturan yang sangat kuat.

8. Denmark

Negara Skandinavia ini baik di lingkungan bisnis dan kemampuan untuk bisnis rumahan. Sistem pendidikan formal juga masuk sebagai yang terbaik di dunia.

7. Luksemburg

Luksemburg memiliki reputasi internasional sebagai pusat industri dan keuangan.

6. Australia

Salah satu negara teratas dalam hal menarik orang-orang berbakat dari luar negeri. Australia memiliki keterampilan manajemen tingkat tinggi yang diperlukan untuk negara kompetitif bisnis.

5. Swedia

Swedia unggul mempertahankan sumber daya manusia yang unggul. Dengan pendidikan formal yang baik dan akses seumur hidup yang baik untuk program pendidikan, tenaga kerja negara itu memiliki keterampilan kejuruan dan teknis, serta keterampilan manajemen bisnis tingkat tinggi.

4. Amerika Serikat

Sebagian besar universitas terkemuka ada di negara ini. Amerika unggul karena kemampuan untuk menumbuhkan bakat sumber daya manusianya melalui program universitas, magang, dan pelatihan lainnya.

3. Inggris

Inggris berkinerja baik di semua sektor kecuali dalam keterampilan kejuruan dan teknis tenaga kerjanya. Namun, laporan tersebut mencatat ini bisa berubah setelah terjadinya Brexit.

2. Singapura

Negara ini mendapat peringkat pertama di Asia tenggara untuk lingkungan bisnis dan kemampuan untuk menarik sumber daya manusia di dunia.

1. Swiss

Negara Eropa Tengah yang memiliki nilai tinggi di semua sektor. Swiss menunjukkan kapasitas yang sangat baik untuk menarik dan mempertahankan sumber daya manusia yang unggul.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini