Presiden Xi: Jangan Salahkan Globalisasi, Kita Harus Beradaptasi

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 18 20 1594399 presiden-xi-jangan-salahkan-globalisasi-kita-harus-beradaptasi-puCFGPuZmg.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Presiden China Xi Jinping mengatakan globalisasi telah memberi kekuatan bagi pertumbuhan di seluruh dunia. Globalisasi juga tidak boleh disalahkan atas masalah di dunia saat ini.

Pernyataan Presiden Xi mengomentari fenomena retorika anti globalisasi dan Brexit di Inggris. Presiden Xi melontarkan pandangannya tersebut pada Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) di Davos. Kendati demikian, dia mengakui globalisasi ekonomi memang menciptakan masalah baru. Namun di sisi lain, tidak ada yang bisa menjustifikasi globalisasi ekonomi.

"Sebaliknya, kita harus beradaptasi dan membimbing globalisasi ekonomi, meredam dampak negatif dan memberikan manfaat untuk semua negara," ujar Xi melansir CNBC, Jakarta, Selasa (18/1/2017).

Pidato Xi menandakan, pertama kalinya Kepala Negara China mengunjungi forum bisnis. Pada kesempatan itu dia mengungkapkan pandangannya untuk mempromosikan globalisasi yang inklusif dan memperingatkan bahwa pendekatan populis dapat menyebabkan perang dan kemiskinan.

Dirinya juga memperingatkan bahwa perlu mengontrol sistem perdagangan ‘tit-for-tat’ yang tidak menguntungkan siapapun.

"Tidak ada yang akan muncul sebagai pemenang dalam perang dagang global," katanya.

"Mengejar proteksionisme seperti mengunci diri seseorang di ruangan gelap," tambahnya.

Xi mengatakan, dunia ini penuh dengan kontradiksi dan globalisasi itu telah menjadi kotak pandora bagi banyak orang. Hal ini mengisyaratkan gerakan populis yang telah tersebar di seluruh negara-negara Barat pada tahun lalu.

Xi mengatakan, ekonomi global layaknya lautan besar, dan setiap orang tidak bisa lepas darinya. Hal ini menerangkan bahwa upaya isolasi terutama dalam perdagangan tidak akan mungkin bisa.

"Saat ini, hal yang benar untuk dilakukan adalah merebut setiap kesempatan dan bersama-sama menghadapi tantangan dan memetakan jalur yang tepat untuk globalisasi," ujarnya.

Xi memberikan ide untuk ekonomi global, menunjukan bahwa negara-negara harus mengambil langkah-langkah kebijakan baru dan memajukan reformasi struktural dan menyerukan model pertumbuhan baru untuk dikembangkan. Dia mengatakan anggota parlemen harus bertujuan untuk pemerintahan "adil dan merata".

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini