Logo Palu Arit di Rupiah, BI Banten 'Dekati' Tokoh Agama

Iqbal Multatuli, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 18 20 1595002 logo-palu-arit-di-rupiah-bi-banten-dekati-tokoh-agama-tbLXPcEzAy.jpg Foto: Iqbal/Okezone

SERANG - Guna menangkal isu miring terkait yang ramai dibicarakan terkait logo mirip palu arit, Bank Indonesia (BI) perwakilan Banten gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Kepala Bank Indonesia perwakilan Banten Budiharsa Setyawan menyatakan, tokoh agama dipandang sebagai seseorang yang mampu menangkal isu tersebut setelah dijelaskan mengenai ciri-ciri dan alasan BI mengeluarkan uang Rupiah baru.

"Kita menyosialisasikan kepada Kanwil Kemenag Banten dan MUI Provinsi Banten, karena kedua instansi ini memiliki warga yang banyak," katanya di Serang, Rabu (18/1/2017).

Perihal isu adanya kemiripan logo BI dengan lambang PKI, Budhiarsa menyatakan, isu yang berkembang akhir-akhir ini dinyatakan sebagai informasi bohong alias tidak benar. Menurutnya, lambang tersebut merupakan logo BI yang menggunakan teknik rectoverso alias gambar saling isi.

"Karena itu menggunakan sistem rectoverso, yaitu sistem timbal balik jadi satu, itu jadi utuh apabila dia diterawangkan. Jadi tidak ada sama sekali tidak ada logo-logo lain di situ," tegasnya.

Sementara itu, sosialisasi untuk menangkal isu miring dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, pihaknya akan terus melakukan upaya pemahaman itu ke berbagai lapisan masyarakat.

Nantinya, masyarakat biasa juga akan mendapat giliran untuk menerima sosialisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini