nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kadin China Akui Banyak Pengusaha Tiongkok Nakal Masukkan TKA Ilegal

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 18:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 18 320 1594951 kadin-china-akui-banyak-pengusaha-tiongkong-nakal-masukkan-tka-ilegal-Z4QoARW7d1.jpg Ilustrasi tenaga kerja asal China. (Foto: Guardian)

JAKARTA - China Chamber of Conmmerce in Indonesia atau kamar dagang China di Indonesia merasa terkena imbas dari pemberitaan maraknya tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal China di Indonesia.

Sekretaris Jenderal China Chamber of Conmmerce in Indonesia Liu Cheng menegaskan, banyaknya TKA ilegal China merupakan ulah dari segelintir pengusaha China. Dia pun berani menjamin bahwa kebanyakan pengusaha China taat atas peraturan dan hukum yang berlaku di negara tujuan investasinya.

"Pemerintah China itu mengimbau agar mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di negara asing. Itu juga aturan objektif bagi perusahaannya sendiri. Bukan hanya di Indonesia tapi juga negara lain," tuturnya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Liu juga berani menjamin, para investor yang tergabung dalam asosiasinya seluruhnya taat akan peraturan yang berlaku di Indonesia, termasuk aturan tentang pekerja asing.

"Setahu saya di dalam anggota kami sebanyak 200 lebih investor mengikuti hukum Indonesia. Mereka mengurus semua persyaratan yang berlaku di Indonesia. Jadi jangan dipandang sama semua investor China di Indonesia," imbuhnya.

Liu memperkirakan, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan para pengusaha China melanggar aturan ketenagakerjaan di Indonesia. Pertama minim pengetahuan tentang peraturan izin visa dan kartu izin tinggal terbatas (kitas).

"Kedua, memang mungkin ditipu oleh agen yang mengurusinya. Ketiga mungkin mereka ingin menghemat uangnya sehingga menyalahgunakan peraturan," pungkasnya.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini