nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak TKA Ilegal, Kadin China Akui Minim Info Izin Visa dan Kerap Ditipu Agen

Danang Sugianto, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 20:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 18 320 1595068 marak-tka-ilegal-kadin-china-akui-minim-info-izin-visa-dan-kerap-ditipu-agen-RYwF7Xnp0C.jpg Ilustrasi tenaga kerja. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia belakangan ini tengah diserbu oleh para tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal China. Para pengusaha China yang tergabung dalam China Chamber of Conmmerce in Indonesia atau kamar dagang China di Indonesia pun angkat bicara.

Sekretaris Jenderal China Chamber of Conmmerce in Indonesia Liu Cheng mengatakan, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan para pengusaha China melanggar aturan ketenagakerjaan di Indonesia. Pertama minim pengetahuan tentang peraturan izin visa dan kartu izin tinggal terbatas (kitas).

"Kedua, memang mungkin ditipu oleh agen yang mengurusinya. Ketiga mungkin mereka ingin menghemat uangnya sehingga menyalahgunakan peraturan," tuturnya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (18/1/2017).

Menurut Liu, untuk mengurus visa kerja dan kita di Indonesia terbilang cukup rumit. Hal itu membuat pengusaha China ogah ikuti aturan dan memilih jalur curang.

"Pengurusan visa dan kitas itu memerlukan waktu yang panjang, itu menyulitkan investor asing yang mau datang ke Indonesia," imbuhnya.

Oleh karena itu, dia berharap agar pemerintah Indonesia dapat memberikan kemudahan bagi investor China dalam mengurus visa dan kitas. Liu juga berjanji akan membina para investor China agar mau menaati peraturan yang berlaku di Indonesia.

"Kami sebagai salah satu negara investor terbanyak ke Indonesia berharap dapat diberikan kemudahan. Kami juga akan meningkatkan pembinaan kepada perusahaan Tiongkok yang masuk ke Indonesia untuk mengurus perizinan dengan benar," tandasnya.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini