nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Tenaga Kerja Asing Ilegal? Laporkan ke Sini!

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2017 16:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 19 320 1595770 ada-tenaga-kerja-asing-ilegal-laporkan-ke-sini-E995V9c9Lw.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Maruli Hasiloan mengatakan, kehadiran Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia merupakan konsekuensi sebagai negara terbuka.

Meski demikian, ia mengaku tidak menyangka bahwa ada TKA yang masuk secara ilegal. "Kita tidak menyangka. Itu ada karena investasi masuk. Selain kapital (modal-uang), juga membawa orang," ujarnya di Gedung Ombudsman RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2017).

Maruli menegaskan, ketika investasi masuk ke dalam negeri dengan dibarengi TKA, maka mereka harus mengikuti peraturan yang berlaku.

Dia mengakui, bahwa pihaknya lemah dalam pengawasan TKA. Pengawasan itu memang sepatutnya harus berkoordinasi dan sinergi dengan instansi terkait lainnya.

"Pengawasan kita rasakan kurang. Untuk penyidikan saja masih didanai pusat. Sekarang pentingnya adalah meningkatkan koordinasi masing-masing lembaga untuk mengupayakan pengawasan," ujar dia.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada semua pihak dan masyarakat bilamana menemukan TKA ilegal agar segera melaporkan ke call center yang sudah disiapkan pihaknya.

"Kalau ada TKA ilegal segera laporkan (call center 1500133)," pungkasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini