nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mar'ie Muhammad Dijadikan Nama Gedung Utama Kantor Pusat Dirjen Pajak

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2017 12:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 19 470 1595533 mar-ie-muhammad-dijadikan-nama-gedung-utama-kantor-pusat-dirjen-pajak-CFpl7HiTfH.jpg Foto: Pajak.go.id

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan penghargaan bagi Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Mar'ie Muhammad. Sebagai bentuk penghargaan, Kemenkeu menetapkan nama Mar'ie Muhammad untuk gedung yang berdiri megah di jalan Gatot Subroto.

Kini, Gedung Utama Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak ditetapkan menjadi Gedung Mar'ie Muhammad. Penetapan nama gedung ini tepat pada hari ke-40 kepergian Mar'ie.

"Pada kesempatan ini Kemenkeu ingin memberikan satu penghargaan utama kepada beliau, sebagai figur yang telah memberikan inspirasi dan terlebih lagi teladan dalam bagaimana beliau mengelola Kemnekue dan Ditjen Pajak," papar Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto, Kamis (19/1/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Hadiyanto mengungkapkan sosok Mar'ie yang menjadi tauladan bagi pegawai Kemenkeu. Bahkan banyak sikap yang harus diteruskan oleh pegawai Kemekeu.

"Menkeu telah menetapkan bahwa salah satu wujud penghormatan beliau telah berkenan menetapkan gedung utama Ditjen Pajak sebagai Gedung Mar'ie Muhammad," tambah dia.

Dalam acara penetapan nama gedung tersebut, diputar pula video yang berisi kenangan sosok Mar'ie Muhammad.

Sekilas mengenai sosok Mar'ie Muhammad, beliau lahir di Surabaya 3 April 1939 dan meninggal pada 11 Desember 2016.

Masayarakat Indonesia harus merelakan pria yang diberi gelar Mr Clean itu. Gelar itu disematkan kepadanya bukan tanpa alasan, sebab Mar'ie dikenal sangat gigih memerangi korupsi yang kala itu sangat menjamur.

Pria yang memiliki pendidikan terakhir Master of Arts In Economics di Universitas Indonesia itu sebelumnya mengabdi di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI. Cukup lama Mar'ie bekerja di sana sekira sejak 1969 hingga 1972.

Setelah itu Mar'ie bekerja sebagai direktur di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI hingga 1988. Kariernya pun terus meningkat, dia juga sempat menduduki kursi sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Departemen Keuangan hingga 1993.

Barulah di 1993, Mar'ie dipercaya oleh Presiden Soeharto untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan JB Sumarlin. Kemudian di Maret 1998 Mar'ie melepas kursi jabatannya itu dan digantikan oleh Fuad Bawazier.

Mar'ie juga dikenal sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ke 11 dengan masa jabatan 1998-2009. Pada 2001-2004 dia juga menjabat sebagai Ketua Oversight Committee (OC) BPPN.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini