Image

Pasar Senen Kebakaran, Pedagang Aksesoris dan Garmen Ini Rugi Rp5 Miliar

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 20 Januari 2017, 18:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 20 320 1596941 pasar-senen-kebakaran-pedagang-aksesoris-dan-garmen-ini-rugi-rp5-miliar-tvPHq0QscW.jpg Kebakaran di Pasar Senen. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kebakaran Pasar Induk Senen memberikan dampak yang besar bagi pedagang. Pasalnya kerugian mencapai ratusan juta, bahkan ada yang mencapai miliaran.

Salah satu pedagang aksesoris dan garmen yang menjadi salah satu korban musibah ini mengatakan memiliki 21 kios yang mencapai kerugian sekitar Rp5 miliar. Kerugian itu setelah 21 toko yang ia miliki yang berada di Blok II, lantai 1 dan 2 habis dilahap si Jago Merah.

"Saya punya 21 kios. 18 kios aksesori ukuran 2x2 bernama Singapore Inas berada di Blok II lantai 2, kerugian Rp4 miliar. Untuk 3 kios ukuran 4x6 di Blok II lantai 1 bernama Inas Garmen, kerugiannya Rp1 miliar. Jadi total kerugian semuanya sekitar Rp5 miliar," ungkapnya di Pasar Induk Senen, Jumat (20/1/2017).

Untuk toko Singapore Inas sendiri menjual berbagai macam perlengkapan pendukung atau aksesoris seperti id card, tumbler dan karikatur. Sedangkan untuk Inas Garmen menjual baju partai yang didistribusikan ke daerah dan juga baju-baju bola.

Dalam hal ini dia juga mengatakan jika ia mempunyai 50 pegawai yang dipekerjakan untuk ke 21 toko dan sampai saat ini ia tidak ada rencana untuk memberhentikan pegawai. Ia akan membuka toko di rumah dan melayani pembelian dari langganan tetap.

"Ada 50 pegawai kita. Memang tidak ada yang bisa diselamatkan tapi kita tidak ada niatan memberhentikan pegawai. Karena kita punya langganan tetap dan nanti tetap melakukan pengiriman," tuturnya.

Untuk memulai lagi usahanya, ia mendapatkan modal dari grosir hanya dengan mengandalkan kepercayaan karena sudah berlangganan lebih dari 10 tahun.

"Masalah dana sih grosir mau bantu, jadi kita bisa ambil barang untuk dijual dulu dan setelah laku baru kita bayar. Kita sudah dari 2005 berlangganan sama mereka jadi mereka percaya sama kita," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini