nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Operasikan Blok ONWJ, Pertamina Terapkan Skema Bagi Hasil 42,5:57,5

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Minggu 22 Januari 2017 17:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 22 320 1598012 operasikan-blok-onwj-pertamina-terapkan-skema-bagi-hasil-42-5-57-5-meehl8dAAm.jpg Ilustrasi minyak mentah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) ONWJ di bawah naungan PT Pertamina (Persero) telah melakukan penandatanganan perpanjangan Kontrak Bagi Hasil Blok Offshore North West Java (ONWJ). Artinya Blok ONWJ telah resmi menjadi blok pertama yang menggunakan skema gross split.

Wilayah Kerja (WK) ONWJ merupakan WK yang pertama kali menggunakan skema kontrak bagi hasil Gross Split. Dalam kontrak tersebut bagi hasil (final split) antara Pemerintah dengan Kontraktor adalah 42,5:57,5 untuk minyak dan 37,5:62,5 untuk gas.

"Di kontraknya justru ditambahkan base split , kemudian setiap bulan diadjust dengan yang progresif sesuai dengan harga normal," ungkap Dirjen Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja di Gedung Dewan Pers, Minggu (22/1/2017).

Selain itu, dia mengatakan akan melakukan evaluasi setiap bulan untuk sistem gross split tersebut, dan sistem progresif juga akan di evaluasi setiap bulan karena harga minyak dunia berubah-ubah terus. "Selain ONWJ masih ada delapan lagi yang sudah akan berakhir masa kontraknya, kita serahkan ke Pertamina, dan ini akan sampai 2018 nanti," tukasnya.

Sekadar informasi, skema gross split juga akan diterapkan pada 8 (delapan) kontrak yang akan berakhir yaitu: Attaka, Tuban, Ogan Komering, Sanga-Sanga, South East Sumatra, NSO/NSO Ext, Tengah Block dan East Kalimantan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini