Palu Arit dalam Rupiah Diperdebatkan, Ini Kata Sri Mulyani

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 23 Januari 2017 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 23 20 1598884 palu-arit-dalam-rupiah-diperdebatkan-ini-kata-sri-mulyani-fZv1S9exez.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab, sebagai saksi terkait dugaan kasus penghinaan rectoverso di lembaran uang baru dari Bank Indonesia yang disebut mirip logo palu arit telah usai. Rizieq sendiri menjalani pemeriksaan sekira lebih dari empat jam di Mapolda Metro Jaya.

Kepada penyidik, Rizieq menyampaikan kekesalannya terhadap pemerintah yang dinilai teledor dengan mencantumkan logo mirip palu arit dalam desain uang baru yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan bahwa penjelasan mengenai logo yang dianggap palu arit sudah diungkapkan Gubernur BI Agus Martowardojo.

"Pak Gubernur BI sudah menyampaikan terkait lambang tersebut ," singkatnya di Kementerian Keuangan, Senin (23/1/2017).

Sebelumnya, usai menjalani pemeriksaan, Rizieq yang mengenakan jubah putih itu keluar dari Mapolda Metro Jaya sekira pukul 15.30 WIB. Rizieq langsung menaiki mobil komando untuk menyapa para massa aksi yang sudah mengawal proses pemeriksaan dari pagi tadi.

"Tadi penyidik menyampaikan bahwa desain itu dengan metode gambar saling isi, maka kami menjawab sesungguhnya teknologi pengamanan uang kertas dengan metode itu mempunyai ribuan alternatif, kenapa tidak menggunakan bentuk lain yang tidak dapat menyerupai palu arit yang meresahkan masyarakat," sambungnya.

Lebih lanjut, di depan massa aksi, Rizieq meminta agar pemerintah Indonesia melalui BI untuk segera menarik kembali uang baru yang sudah terlanjur menyebar. Pasalnya, hal itu dilakukan untuk menjamin bahwa tidak akan muncul lagi paham komunis di Indonesia.

"Maka saya minta Pemerintah Indonesia untuk menarik seluruh uang kertas tersebut, karena kami anti-PKI, antikomunis, hidup Indonesia, hidup NKRI. Allahu Akbar," ungkap Rizieq.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini