Aduan Sektor Keuangan Capai 32% dari Total Keluhan di YLKI

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 23 Januari 2017 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 23 320 1598549 aduan-sektor-keuangan-capai-32-dari-total-keluhan-di-ylki-tYwgHWzAGg.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone/Heru)

JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat, sepanjang 2016 telah masuk 781 pengaduan konsumen. Selain itu, YLKI juga menerima 1.038 panggilan konsumen melalui telefon yang masuk berupa keluhan, konsultasi, maupun mencari informasi perihal perlindungan konsumen.

Dari total pengaduan yang masuk, tiga sektor konsumsi yakni perbankan, perumahan, dan e-commerce mendominasi dengan total lebih dari 50%.

"Pengaduan untuk perbankan tahun ini mencapai 160," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi di kantor YLKI, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Tulus mengatakan, jika jumlah aduan keluhan tersebut digabung dengan jumlah aduan industri jasa keuangan lainnya, total pengaduan mencapai 249 aduan atau 32% dari total aduan yang masuk sepanjang 2016. Kebanyakan konsumen mengeluhkan proses penagihan oleh debt collector, proses penarikan, biaya tarik yang tinggi, serta proses penyelesaian sengketa yang dipersulit.

Sementara untuk pengaduan perumahan mencapai 123 aduan. Pengaduan di perumahan kebanyakan karena kasus masalah sistematis baik dari sisi sengketa dengan pengembang, badan pengelola, atau dalam hal kepengurusan P3SRS.

"Perlu ada regulasi dan kontrol yang serius dari pemerintah dalam mengatasi permasalahan konsumen perumahan ini," tambah Tulus.

Sementara untuk pengaduan e-commerce mencapai 65 aduan. Pengaduan terhadap industri yang masih belia ini terus meningkat setiap tahunnya. Kebanyakan permasalahan pengaduan pada e-commerce karena adanya kesalahpahaman informasi maupun sistem teknologi yang eror sehingga barang salah kirim, tidak sesuai dengan display hingga proses refund yang sulit.

"Pada 2014 e-commerce tidak masuk dalam 10 besar, sekarang sudah 3 besar," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini