Share

Kilang Minyak Rusak Bikin Rugi, Begini Penjelasan Dirut Pertamina

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2017 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 24 320 1599762 kilang-minyak-rusak-bikin-rugi-begini-penjelasan-dirut-pertamina-MvJDzu0Jr0.jpg (Foto: Koran SINDO)

JAKARTA - Beberapa kilang milik PT Pertamina (Persero) dikabarkan memiliki kerusakan. Utamanya adalah pada kilang minyak di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Hal ini pun dibenarkan oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto. Menurutnya, kerusakan ini merupakan salah satu hal yang biasa terjadi. Khususnya yang terjadi belakangan ini di Balikpapan.

"Ya di Balikpapan itu yang agak relatif banyak. Waktu-waktu terakhir memang banyak," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Untuk itu, lanjutnya, butuh usaha pemeliharaan khusus agar kerusakan dapat dihindari. Dengan begitu, maka potensi kerugian yang diperkirakan mencapai Rp1 triliun pun dapat diminimalisir.

"Iya kan permasalahan di pabrik itu kan kalau ada kerusakan diatasi. Tapi ya memang berbagai upaya maintenance yang dilakukan muncul hal-hal yang tidak diduga itu memang di pabrik ya. Ya itu seringkali terjadi seperti itu. Ya makanya kita berupaya untuk maintenance-nya berjalan dengan sebaik-baiknya," jelasnya.

Tak hanya itu, Pertamina pun juga akan melakukan penggantian peralatan agar upaya maintenance dapat dilakukan secara optimal. Hal ini pun akan menjadi salah satu perhatian utama Pertamina ke depannya.

"Operasional juga melakukan beberapa upaya-upaya untuk peningkatan dan beberapa peralatan yang kurang handal kita akan lakukan beberapa pergantian-pergantian," imbuhnya.

Namun, Dwi Soetjipto enggan menjelaskan lebih detil mengenai potensi kerugian dari kerusakan kilang ini. Hanya saja, ia tak menampik bahwa Pertamina mengalami kerugian akibat kerusakan kilang yang terjadi beberapa kali.

"Selalu kalau ada problem, kalau ada masalah tentu saja selalu ada dan di manapun, kapanpun, kalau memang ada gangguan operasional yang tentu itu ada potensi kerugian. Ya di pabrik kejadian-kejadian itu memang seringkali terjadi," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini