Image

3 Hal yang Akan Terjadi Jika Pulau RI Dikelola Asing

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2017, 19:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 24 470 1599938 3-hal-yang-akan-terjadi-jika-pulau-ri-dikelola-asing-ErMcgjJoU2.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah fokus untuk memberikan nama terhadap pulau-pulau di Indonesia. Ini dilakukan demi tidak diambil alihnya ribuan pulau di Tanah Air oleh pihak asing.

Direktur Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim Muhammad Karim mengatakan ada tiga hal yang akan terjadi jika pulau di Indonesia dikelola oleh pihak asing. Pertama, akan adanya perubahan terhadap hak milik.

"Tadinya milik masyarakat adat, nah itu pasti bakal jadi problem. Tidak lagi milik masyarakat adat," ujarnya dalam acara Redbons Okezone, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Kedua, adanya perubahan rezim pengelolaan. Padahal saat ini Indonesia memiliki rezim kekuasaan negara. Namun, pengelolaan pulau boleh saja dimanfaatkan oleh pihak asing jika statusnya hak guna usaha (HGU) atau hak untuk kelola saja.

Ketiga, akan ada perubahan alokasi pemanfaatan sumber daya alam. Jika ini berubah, maka masyarakat adat setempat tidak lagi menggantungkan hidupnya kepada sumber daya alam di pulau itu.

"Ada ikan, terumbu, siapa nanti yang kelola? Berubah lagi hak alokasi sumber daya alam, pengelolaan akan berindikasi masyarakat adat yang menggantungkan hidupnya ke situ. Artinya enggak bisa akses ke pulau itu," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini