Share

Pertamina Targetkan Pengembangan Kilang Balikpapan Selesai 2019

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 30 Januari 2017 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 30 320 1604522 pertamina-targetkan-pengembangan-kilang-balikpapan-selesai-2019-LvIYHdoE4e.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) saat ini tengah fokus dalam membangun dan merevitalisasi kilang yang sudah ada agar lebih dapat dimanfaatkan. Salah satu kilang yang akan jadi fokus pengembangan adalah kilang yang ada di Balikpapan.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan bahwa pengembangan untuk kilang di Balikpapan ditargetkan akan selesai pada 2019.

"Balikpapan, Juli 2019 (target selesai). Sekarang site preparation atau mempersiapkan area untuk penempatan alat konstruksi, sehingga saat main equipment datang nanti jeti (dermaga) dan lain-lain sudah siap sekarang," ungkapnya dalam konferensi pers project expose New Grass Roots Refinery (NGRR) dan Refinery Development Master Plant (RDMP) di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (30/1/2017).

Sementara untuk awal pengerjaan pengembangan kilang Balikpapan akan dilakukan di akhir Februari 2017. Dilakukan setelah analisis dampak lingkungan yang akan selesai pada pertengahan Februari.

"Akhir Februari 2017 akan ada groundbreaking Presiden. Tapi nanti setelah amdal selesai 18 Februari 2017," tukasnya.

Sedangkan untuk pendanaan seluruh kilang yang terdiri dari empat kilang upgrade di Cilacap, Balongan, Balikpapan dan Dumang serta dua kilang baru di Bontang dan Tuban masih dalam proses dan bisa di ketahui setelah mendapatkan investor yang akan bekerja sama dalam proyek ini.

"Masih on going (dana) untuk menarik investor Februari baru bisa terlihat dananya dari mana saja," tuturnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini