Image

Dampak Kebijakan Trump, Kepala BKPM: Harus Berprasangka Baik

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 30 Januari 2017, 13:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 30 320 1604586 dampak-kebijakan-trump-kepala-bkpm-harus-berprasangka-baik-I8fqrewNKq.jpg Kepala BKPM Thomas Lembong (Foto: Okezone)

JAKARTA - Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) turut memberikan kekhawatiran terhadap berbagai negara di dunia. Salah satunya adalah disebabkan kebijakan proteksi ekonomi oleh Donald Trump.

Hanya saja, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan bahwa seluruh pihak harus berpikir positif terhadap dampak kebijakan dari Trump. Namun, dirinya belum mampu memprediksi dampak kebijakan Trump bagi ekonomi global, termasuk Indonesia.

"Pimpinan manapun juga yang masih baru perlu waktu untuk menyesuaikan diri dan juga butuh waktu lembaga-lembaga di sekelilingnya menyesuaikan dengan pimpinan baru. Jadi saya usul kita tidak perlu over reaksi, jangan berlebihan, harus terus berprasangka baik, kasih dia (Trump) waktu," tuturnya di Kantor Pusat BKPM, Jakarta, Senin (30/1/2017).

Hanya saja, berbagai antisipasi tetap perlu dilakukan. Namun, pengusaha tak perlu khawatir berlebihan menyikapi kebijakan Trump yang belum tentu akan berdampak negatif bagi dunia.

"Kita harus kerja ekstra keras supaya investasi di Indonesia lebih menarik untuk perusahaan AS, yang kedua kita juga mesti rajin-rajin kembangkan alternatif kalau memang perusahaan AS mengurangi investasi di luar negeri," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini