Duh, Jokowi Ungkap Masih Ada Potensi Inefisiensi Anggaran

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 01 Februari 2017 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 01 20 1606735 duh-jokowi-ungkap-masih-ada-potensi-inefisiensi-anggaran-MPbULUluG6.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada jajaran Menteri Kabinet Kerja mengenai adanya potensi inefisiensi anggaran. Pasalnya, hingga saat ini masih terdapat potensi inefisiensi anggaran yang terjadi pada berbagai Kementerian.

Menurut Jokowi, potensi inefisiensi ini terjadi karena tidak adanya sinergi antar Kementerian dalam penganggaran dan perencanaan. Bahkan, terdapat beberapa program yang sama dan dijalankan antar Kementerian atau Lembaga.

"Saya mencermati masih ada potensi inefisiensi dalam anggaran akibat setiap kementerian atau lembaga masing-masing merencanakan, masing-masing menganggarkan untuk sesuatu yang sama. Misalnya, masalah IT, masalah pengadaan kapal, masalah radar, masalah bantuan UMKM. Tolong ini betul-betul dicermati," tuturnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Untuk itu, pemerintah perlu melakukan koordinasi dan konsolidasi pada penerapan berbagai program. Jokowi pun meminta agar tak lagi ada program yang saling bertabrakan lintas Kementerian pada masa yang akan datang.

"Efektifitas program pemerintah adalah bersinergi, saling koordinasi, dan berkonsolidasi antara pusat dengan daerah, di level pusat saya minta menko untuk memastikan implementasi dari program yang lintas kementerian, lintas lembaga, maupun pusat ke daerah agar bisa saling sinkron, tidak bertabrakan, yang paling penting juga lebih efisien," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini