Efisien, Konsisten dan Konkret Jadi Alasan Sinergikan Perencanaan dan Penganggaran

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 01 Februari 2017 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 01 20 1606980 efisien-konsisten-dan-konkret-jadi-alasan-sinergikan-perencanaan-dan-penganggaran-S3Ap1nhgya.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan mensinergikan program perencanaan dan penganggaran. Program ini dinilai perlu digabungkan agar anggaran dapat dimanfaatkan sesuai program prioritas.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, Bappenas yang selama ini menyiapkan Rencana Kerja Pemerintah denan Kemenkeu yang membuat kebijakan ekonomi makro dan pokok kebijakan fiskal akan bersinergi dalam membuat program. Dengan begitu, kerja pemerintah pun dapat lebih efisien

"Pertama, bisa lebih efisien. Kedua, ada konsistensi. Ketiga, juga dari sisi bagaimana mengonkretkan rencana kerja dengan kebijakan makro dan pokok kebijakan fiskalnya. Sehingga nanti di Kemenkeu, Dirjen Anggaran, BKF, Dirjen Perimbangan bersama dengan Bappenas," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Dengan begitu, pemerintah nantinya akan mampu untuk bersinergi dalam membuat kebijakan prioritas. Hal ini pun diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sinerginya adalah bagaimana supaya proses yang selama ini trilateral Bappenas, Kemenkeu, dan K/L itu bisa sama-sama membuat dokumen yang selama ini ada dua Renja (Rencana Kerja) K/L dengan rencana kerja anggaran. Renja K/L dilakukan oleh Bappenas, rencana anggaran dilakukan oleh Kementerian Keuangan," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini