Investasi dan Pemerataan, 2 Kunci Program 2018

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 01 Februari 2017 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 01 320 1607007 investasi-dan-pemerataan-2-kunci-program-2018-KES9FTzF2O.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah membahas mengenai program kerja pada tahun 2018. Terdapat beberapa program yang menjadi prioritas. Salah satunya adalah investasi.

"Jadi RKP (Rencana Kerja Pemerintah) 2018 beberapa kata kuncinya, ini pertumbuhan akan sangat bergantung pada investasi. Jadi segala cara untuk memudahkan investasi akan menjadi prioritasnya," tutur Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Adapun kata kunci kedua adalah pemerataan. Pemerataan yang dimaksud adalah pemerataan untuk masyarakat miskin. Untuk itu, pemerintah berencana bahwa 40% anggaran akan digunakan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin.

"Kemudian kita ada 10 prioritas nasional, itu nanti di antaranya sepeti kesehatan, pendidikan, yang penting gini, ada 10 prioritas nasional yang akan diturunkan dalam program prioritas dan kegiatan prioritas. Jadi pendekatannya kita akan langsung ke lokasi," jelasnya.

10 program prioritas ini sebelumnya telah diungkapkan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution usai rapat terbatas di Istana Bogor pada Selasa lalu. Program ini pun akan menjadi andalan pemerintah untuk mengatasi ketimpangan.

"Jadi jangan sampai irigasi enggak ada sawahnya, bendungan enggak ada irigasi. Pelabuhan enggak ada listriknya dan seluruhnya. Dan kita akan mengintegrasikan juga dananya," ungkapnya.

Namun, tidak semua akan menggunakan APBN. Program pemerintah pun juga dapat menggunakan dana APBD, kontribusi BUMN, hingga bekerja sama dengan pihak swasta.

"Jadi kita ingin kegiatan di daerah ini merupakan dari semua pihak. Jadi kita ingin supaya saling melengkapi satu sama lain," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini