Image

Cara Aman Menyelesaikan Utang Kartu Kredit

Agregasi Sabtu 04 Februari 2017, 06:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 03 320 1608549 cara-aman-menyelesaikan-utang-kartu-kredit-d10AYbmPR4.jpg (Ilustrasi: Shutterstock)

UTANG kartu kredit merupakan salah satu jenis utang yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi akibat kelalaian mereka membayar tagihan kartu kredit baik itu dikarenakan kurangnya dana atau waktu yang tidak sesuai.

Utang kartu kredit sebenarnya harus dilunasi secepatnya karena bunga nya yang cukup tinggi, berikut adalah cara aman untuk melunasi utang kartu kredit:

1. Bayarlah semaksimal mungkin

Utang kartu kredit merupakan salah satu utang yang dapat sangat mengerat keuangan kita, bunga dan denda penalti dari ketelatan atau kegagalan pembayaran sangatlah tinggi dan dapat terus terakumulasi. Sebut saja bunga kartu kredit sebesar 3% setiap bulan dan return dari investasi anda adalah 25% dalam 1 tahun, ini berarti utang kartu kredit anda akan menghabiskan return yang didapatkan dalam 8 – 9 bulan saja.

Contoh tersebut menunjukkan bahwa investasi hanya akan sia-sia jika anda masih terlilit utang kartu kredit. Sebisa mungkin fokuskan pengeluaran untuk pembayaran utang kartu kredit. Kurangi pos dana konsumsi atau investasi dan alihkan dana untuk pembayaran utang.

2. Hentikan fasilitas kartu kredit jika tidak sanggup

Seluruh usaha untuk melunasi kartu kredit akan sia-sia jika setelah anda melunasi utang kartu kredit A, utang kartu kredit B muncul lagi. Banyak orang yang sibuk melunasi utang kartu kredit tetapi tetap menggunakan kartu kredit tersebut untuk tujuan konsumsi, padahal jelas mereka tidak sanggup melunasinya.

Ajukan permohonan penghentian fasilitas kartu kredit jika memangtidak sanggup membayarnya dengan lunas. Benahi cara mengelola keuangan untuk lepas dari jeratan utang tersebut.

3. Mengubah utang menjadi cicilan tetap

Ini adalah salah satu cara yang dapat diajukan pada bank, sistemnya adalah dengan mengubah tunggakan utang kartu kredit menjadi angsuran cicilan tetap yang dilakukan dengan jangka waktu sesuai dengan perjanjian. Cara ini dapat membantu anda untuk mengurangi beban bunga kartu kredit yang tinggi. Biasanya bunga cicilan tetap akan lebih rendah dibandingkan bunga utang kartu kredit. Bunga kartu kredit rata-rata 3% per bulan, sedangkan bunga cicilan adalah 0,99% per bulan.

Salah satu kerugian dari pembayaran utang dengan cicilan tetap adalah jangka waktu pengembalian lebih lama. Pada utang kartu kredit biasa, anda dapat melunasinya kapan saja ketika sudah mempunyai cukup dana. Pada sistem cicilan tetap, anda harus menunggu sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Untungnya, sistem perbankan sekarang telah memperbolehkan pelanggannya untuk melunasi cicilan tetap kapan saja, tetapi dikenakan biaya penalti sekitar Rp 200 ribu.

4. Lakukan balance transfer

Balance transfer adalah pemindahan (transfer) tagihan ke bank lain yang menawarkan bunga kartu kredit lebih murah. Tujuan dari bank melakukan balance transfer adalah agar penerbit lebih cepat mengkarbit portfolio pinjaman kartu kredit sehingga terlihat mempunyai performa dan perkembangan yang baik. Biasanya bank-bank yang menawarkan bunga lebih murah adalah bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Balance transfer akan membantu meringankan beban utang anda sehingga dapat dilunasi dengan cepat. Untuk itu, anda harus pintar melihat peluang pada saat bank menawarkan fasilitas ini.

5. Restrukturisasi Utang

Ini merupakan cara terakhir yang kurang disarankan, yaitu, restrukturisasi utang. Cara ini biasanya dilakukan oleh bank dengan cara memberikan potongan pokok utang atau potongan bunga tetapi dengan syarat pelunasan tunggakan. Dengan cara ini, bank akan tetap mendapatkan pengembalian dan nasabah mendapatkan diskon tunggakan.

Adapun beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memutuskan untuk melakukan restrukturisasi, yaitu:

• Tidak semua nasabah berhak mendapatkan restrukturisasi, hanya nasabah yang dianggap layak oleh bank dan yang telah dievaluasi kondisinya yang berhak mendapatkannya

• Nasabah yang pernah mengikuti program restrukturisasi utang akan tercatat selamanya pada sistem debitur Bank Indonesia (SID)

• Umumnya, bank akan sulit memproses pengajuan kredit oleh nasabah yang pernah terstrukturisasi.

Semakin cepat semakin baik

Semakin cepat anda melunasi utang kartu kredit, semakin kecil jumlah yang terakumulasi dari bunga, dan semakin mudah akan anda lunasi. Jangan pernah menyepelekan tunggakan kartu kredit, karena utang kartu kredit dapat merusak kondisi keuangan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini