Integrasikan Slogan Lintas Kementerian, Pemerintah Petakan Pasar Potensial

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 03 320 1609108 integrasikan-slogan-lintas-kementerian-pemerintah-petakan-pasar-potensial-OZciIWPjiM.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan untuk mengintegrasikan slogan atau tagline lintas Kementerian. Slogan ini akan digunakan untuk mempromosikan berbagai produk dan potensi yang dimiliki oleh Indonesia pada pasar internasional.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, pemerintah dalam rapat terbatas di Kantor Presiden kali ini telah menentukan pasar yang akan disasar dengan menggunakan slogan baru yang akan dimiliki oleh Indonesia. Khususnya adalah pada sektor pariwisata.

"Keinginan pasar mengenai Indonesia inginnya seperti apa sudah teridentifikasi. Kita tidak harus sasar semua pasar di dunia jadi akan fokus ke pasar tertentu. Kita tidak boleh buang uang ke afrika yang memang di negaranya sendiri punya turis destination yang mirip kita, buat apa wong mereka sudah punya," jelasnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Nantinya, program ini akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan anggaran. Hanya saja, pemerintah masih akan melihat kebutuhan anggaran dalam program ini.

"Ada, harus ditajamin anggarannya, sekarang belum mengerucut, tapi harus dipertajam. Misal pariwisata kita tahu promosi anggaran kurang perlu tambah berapa, ini harus ditulis tambh berapa dimana mau dibelanjakan," jelasnya.

Khususnya untuk sektor pariwisata, pemerintah akan menonjolkan wisata gateway seeker, yaitu wisata yang santai tenang, dan pada kawasan yang sepi. Indonesia berada pada sektor ini bersama beberapa negara seperti India hingga Vietnam. Artinya Indonesia berada dan bersaing dengan negara-negara ini dalam menggaet wisatawan.

"Kita akan match-kan apa keinginan pasar dengan apa yang mau kita tawarkan, kita enggak bisa hanya berdasar keinginan kita," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini