Perumahan Kena Banjir, Bagaimana Tanggung Jawab Pengembang?

Trio Hamdani, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2017 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 03 470 1609114 perumahan-kena-banjir-bagaimana-tanggung-jawab-pengembang-SccI1G0VAD.jpg Ilustrasi (Foto: iStock)

JAKARTA - Pihak pengembang rumah kerap kali mengklaim perumahan yang dijualnya bebas banjir. Namun tak jarang perumahan di sejumlah wilayah pada akhirnya terkena terpaan banjir. Lantas apa yang mesti dilakukan pihak pengembang? Apakah pihak pengembang bertanggung jawab akan hal itu?

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan, seharusnya pihak pengembang sudah mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana penunjang untuk menangkal banjir.

"Kan masalah ruang terbuka hijau di dalam suatu wilayah itu mesti ada, misalnya kan 40% mesti ada untuk fasilitas umum termasuk yang hijau. Nah itu sama pengembang semestinya dia disiapkan di sana," katanya saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Namun dia mengakui, ketika banjir menyelimuti sebuah perumahan tak seluruhnya ditimpakan kepada pihak pengembang.

"Daerah serapan dan segala macem udah, tapi terlepas dari itu satu lokasi pasti terkoneksi dengan saluran kota. Kalau misalnya kotanya mampet, pengembang enggak bisa apa-apa," tambahnya.

(dhe)

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini