Image

HET Gula Rp12.500 Tak Hanya Untungkan Pedagang, Konsumen Juga!

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 06 Februari 2017, 11:33 WIB
https img k okeinfo net content 2017 02 06 320 1610384 het gula untungkan konsumen dan pedagang AOkyAhho2m jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penetapan harga eceran tertinggi (HET) untuk komoditas pangan pokok seperti gula diyakini berdampak positif terhadap perdagangan gula di level ritel.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai, melalui penetapan HET tersebut, konsumen maupun pedagang ritel akan diuntungkan dengan harga yang stabil.

Menurut Koordinator Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi, penetapan HET gula sebesar Rp12.500 per kilogram (kg) dimaksudkan untuk mengantisipasi agar harga gula tidak melebihi harga wajarnya. Karena itu, dari sisi konsumen penetapan HET gula sangat baik untuk melindungi masyarakat.

“Kalau dari sisi konsumen, penetapan HET ini sangat menguntungkan karena ada kepastian harga tertinggi. Tidak seperti harga cabai yang sewaktu- waktu bisa sangat tinggi harganya,” tuturnya di Jakarta kemarin. Hanya, sambung dia, dengan ada penetapan HET gula, pemerintah juga harus mengedepankan mekanisme pengawasan. Caranya dengan melakukan operasi pasar apabila muncul harga melebihi HET yang telah ditetapkan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini