Image

Paket Kebijakan Ekonomi XV untuk Perbaiki Sektor Industri

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2017, 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 07 20 1611752 paket-kebijakan-ekonomi-xv-untuk-perbaiki-sektor-industri-GlgUuPhFl6.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Salah satu pokok yang akan dicantumkan dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XV adalah peningkatan sektor industri. Mengacu kepada laporan perekonomian Indonesia tahun 2016, pertumbuhan sektor ini mengalami penurunan.

“Dari penerbitan angka-angka PDB kemarin, sangat menonjol bahwa pertumbuhan sektor industri ada di bawah pertumbuhan ekonomi secara umum,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang juga menjabat sebagai anggota Pokja III Satgas PKE XV Thomas Lembong, usai melakukan rapat koordinasi bersama Satgas PKE XV, Selasa (7/2/2017).

Pernyataan Thomas Lembong tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Tim Ahli Wakil Presiden yang sekaligus menjabat sebagai Anggota Pokja III Satgas PKE Sofyan Wanandi. Dirinya mengatakan bahwa Indonesia mempunyai banyak industri yang berpotensi. Perbaikan di sektor industri ini diharapkan akan menyumbang angka pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2017.

“Bagaimana kita perkuat industrialisasi kita yang menurun. Apalagi lebih banyak kita punya industrialisasi namun tumbuhnya lebih rendah daripada pertumbuhan ekonomi nasional. Padahal dia dulu yang angkat pertumbuhan,” terangnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Kementerian Koordinator Bidang Perkonomian membentuk satgas guna menyusun Paket Ekonomi Jilid XV. Satgas ini terdiri dari empat kelompok kerja. Dalam dua bulan ke depan satgas PKE XV yang diwakili oleh Pokja III akan fokus melakukan penelitian ke lapangan industri.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini