Reformasi Ekonomi, Hore! Indeks Kepercayaan Indonesia Meningkat

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 08 Februari 2017 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 08 320 1612853 reformasi-ekonomi-hore-indeks-kepercayaan-indonesia-meningkat-kq2yjyxgXz.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Edelman Trust Barometer Indonesia telah melakukan survei ke-9. Dari hasil survei menunjukkan Indonesia mengalami kenaikan di keseluruhan indeks kepercayaan pada beberapa institusi.

"Ada empat institusi, pemerintah, bisnis, media dan NGO. Indonesia naik menjadi 69 poin di tahun 2016 dari 62 pada tahun 2015," ungkap CEO Edelman Indonesia Raymond Siva di Gedung The Energy Building, Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya, ketika tingkat kepercayaan menurun di 21 dari 28 negara yang disurvei, lndonesia menguat sebagai satu dari tiga negara dengan indeks kepercayaan tertinggi. Hal ini terjadi karena peristiwa-peristiwa global tak terduga yang terjadi pada 2016 tampaknya mengonfirmasikan penurunan tingkat kepercayaan global dan Indonesia justru menguat.

"Pada keempat institusi yang disurvei. Hal ini tertuang dalam Trust Barometer 2017 yang mengindikasikan adanya krisis kepercayaan global karena saat ini dua dari tiga negara termasuk sebagai distrusters atau negara dengan indeks kepercayaan rendah. Namun sebaliknya, indeks kepercayaan Indonesia tetap kuat dengan naiknya tingkat kepercayaan tertinggi pada pemerintah sebanyak 13 poin menjadi 7%," tukasnya.

Ia juga menuturkan, reformasi ekonomi secara struktural dan fokus pada kesejahteraan masyarakat telah menjadikan Indonesia sebagai truster, yaitu negara dengan indeks kepercayaan di atas 60.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini