Pukul Harga di Indonesia Timur, Gudang Penampung Komoditas Akan Dibangun

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 08 Februari 2017 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 08 320 1612882 pukul-harga-di-indonesia-timur-gudang-penampung-komoditas-akan-dibangun-Srk4ToAUj6.jpg Ilustrasi bahan pangan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka menyelesaikan disparitas harga komoditas di wilayah timur Indonesia, pemerintah akan membuat sentra logistik bernama Rumah Kita. Skema sentra seperti gudang penampung komoditas yang diintegrasikan dengan sektor transportasi, darat, laut, dan udara.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bay M Hasani, saat ini sedang lakukan maping ataupun survei untuk lokasi sentra logistik ini. Dari sisi laut, Pelni menjadi operator yang akan melakukan koordinasi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Udara (BUMN).

"Sentra ini juga terintegrasi dengan udara dan darat, tapi saya lebih ke laut. Nanti ada beberapa BUMN di sini misalnya RNI, PPI, ada juga Bulog. Siapa berbuat apa nanti diatur itu oleh BUMN mengonsolidasi barang sesuai jumlah untuk masyarakat di wilayah timur dan bagaimana cara mendistribusikan," tuturnya di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Bay menjelaskan, Pelni akan bertugas membawa komoditas ke sentra logistik setelah itu akan diintegrasikan logistiknya menggunakan jalur darat maupun udara. "Pelni siapkan gudang di sana. Kemudian nanti di link dengan program jembatan udara (pesawat terbang) ini baru maping dulu," jelas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini