Image

Moodys Naikkan Rating RI, Agus Marto: Kepercayaan Investor Membaik

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2017, 16:01 WIB
https img z okeinfo net content 2017 02 09 20 1613910 moody s naikkan rating ri agus marto investor semakin percaya indonesia t0eLCa4Qge jpg Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (Foto: Kurniasih/Okezone)

JAKARTA - Lembaga pemeringkat Moody’s Investors Service (Moody’s) memperbaiki Outlook Sovereign Credit Rating Republik Indonesia dari Stable menjadi Positif, sekaligus mengonfirmasi rating pada Baa3 (Investment Grade).

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menilai, peningkatan outlook Moody's ini menjadi kesempatan yang baik bagi Indonesia.

"Ini kesempatan yang baik. Ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap Indonesia," kata dia di DPR, Kamis (9/2/2017).

Agus berpendapat, dengan penilaian tersebut Moody's memberikan catatan kondisi eksternal RI dikelola dengan baik. Tidak hanya itu, reformasi struktural yang dilakukan pemerintah juga dianggap stabil.

"Kami merasa ini kesempatan di 2017 untuk kita bisa mempunyai kondisi yang lebih baik khususnya pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif," tukas dia.

Sebagai tambahan, dalam siaran pers-nya, Moody’s menyatakan terdapat dua faktor kunci yang mendukung perbaikan outlook Sovereign Credit Rating Indonesia. Pertama, penurunan kerentanan sektor eksternal yang diperkirakan akan terus berlanjut sebagai dampak dari kebijakan otoritas. Kedua, perbaikan kelembagaan melalui peningkatan efektivitas kebijakan.

Penurunan kerentanan sektor eksternal Indonesia antara lain merupakan dampak dari fokus kebijakan moneter yang mengutamakan stabilitas makroekonomi, reformasi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM), dan upaya substitusi impor seperti investasi pada sektor manufaktur domestik.

Di sisi kelembagaan, efektivitas kebijakan tercermin dari rekam jejak yang berkelanjutan atas stabilitas makroekonomi dan disiplin fiskal, serta terus berlanjutnya reformasi struktural di bidang ekonomi, fiskal, dan ketentuan. Perbaikan lebih lanjut dari sektor eksternal dan kelembagaan tersebut akan memungkinkan perbaikan rating Indonesia ke depan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini