Image

Keren! Hunian Mobilitas Ini Bisa Bantu Penyandang Disabilitas

Trio Hamdani, Jurnalis · Minggu 12 Februari 2017, 05:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 09 470 1613715 keren-hunian-mobilitas-ini-bisa-bantu-penyandang-disabilitas-3hMbeKUPD9.jpg Foto: Inhabitat

JAKARTA - Memiliki hunian dengan kemampuan mobilitas mungkin pernah terlintas di benak kita. Ibarat kura-kura yang ke mana pun selalu membawa rumah di punggungnya. Siapa yang tidak menginginkan hal tersebut.

Nampaknya impian memiliki rumah yang bisa di bawa ke mana saja bukan hal yang mustahil. Vermont, perusahaan berbasis LineSync Architecture mencoba menggarap rumah mungil dengan roda di dasarnya. Hunian ini pun diberi nama Wheel Pad.

Melansir Inhabitat, rumah portabel ini memiliki luas 200 kaki persegi atau 19 meter persegi. Bangunan ini didesain dengan menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Di antaranya terdapat konsultan dengan perawat kesehatan, dokter, terapis fisik dan ahli terapi untuk memfasilitasi disabilitas.

The Wheel Pad dirancang dengan sejumlah fitur yang ditujukan untuk berbagai kebutuhan, yakni untuk menunjang mobilitas penghuninya.

Seperti kebanyakan rumah mungil, bangunan ini memilik bentuk ruangan yang kompak dan padat, namun diberikan sentuhan jendela yang berukuran besar untuk memperindah interior dan memberikan suasana sejuk.

Bangunan ini pun didirikan di atas rangka mobil, yang mana berdasarkan undang-undang di Amerika Serikat (AS) maka rumah ini memiliki hak untuk diparkirkan di tempat parkir kendaraan. Sehingga memberikan kebebasan bagi penghuninya untuk bepergian.

Dikatakan arsitek yang merancang bangunan ini, bangunan ini dapat mengubah cara dalam mengobati orang-orang yang cedera atau terluka.

"Dengan Roda Pad, kami akan mengubah cara memperlakukan tentara yang terluka dan warga sipil yang pulang dari rehabilitasi. Roda Pad ini ‘mengganggu’ dalam arti positif. Tampaknya setiap orang dapat menggunakan roda Pad ini untuk cedera tulang belakang, orang yang baru menggunakan kursi roda atau prosthetics, veteran tua dan warga sipil, perawatan rumah sakit, anak-anak cacat," pungkasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini