Image

KATA MEREKA: Kuantitas Penerima LPDP Harus Ditingkatkan

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 13 Februari 2017, 08:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 12 20 1616245 kata-mereka-kuantitas-penerima-lpdp-harus-ditingkatkan-JKB5D2AQiT.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah secara serius meningkatkan investasi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) diharapkan mampu menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Sejak 2012, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah memberikan beasiswa pendidikan bagi anak-anak Indonesia. Bahkan kesempatan untuk ke jenjang pendidikan S1 hingga S3. Tahun ini saja nilainya mencapai Rp22,5 triliun.

Saat LPDP Edufair 2017, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa beasiswa pendidikan ini merupakan sebuah bentuk keberpihakan negara kepada individu rakyatnya.

“Anda yang jadi awardee harus merasa bahwa ini adalah pemihakan yang luar biasa dan merupakan keberuntungan yang patut disyukuri. Negara tidak meminta apa-apa kepada anda. Tapi, negara memberi ke Anda,” tegas Menkeu di Gedung Kementerian Keuangan Jakarta seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Menurut Menkeu, LPDP didirikan untuk menjaring generasi muda Indonesia yang memiliki kemampuan tinggi di bidang akademik, namun terkendala untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Menkeu menegaskan bahwa para awardee maupun calon awardee untuk meniatkan pendidikan demi membangun Indonesia yang lebih baik.

“Sekolah yang baik, Anda hanya perlu mikir serius untuk Republik ini and your personal career, dan negara memberikan kepada Anda,” katanya.

Bagaimana masyarakat melihat beasiswa LPDP, apakah percaya bahwa melalui LPDP meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. berikut KATA MEREKA:

1. Intan (20) Mahasiswa

 

Menurut saya beasiswa yang diberikan LPDP sangat penting dan merupakan solusi dari masalah ketersediaan fasilitas pendidikan di Indonesia. Tentu saya sangat berminat ikuti program LPDP. Karena beasiswa ini sangat membantu anak bangsa yang memang mau melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya.

Menurut saya syarat ikuti program tak susah, hanya saja memang menuntut kualistas anak mudah yang berprestasi dan bertanggung jawab. Saran saya untuk pemerintah, bisa memberikan ruang kesempatan sebesar besarnya bagi seluruh masyarakat.

2. Kristin (28) Pegawai Negeri Sipil)

Menurut saya beasiswa LPDP itu sangat bagus untuk meningkatkan taraf pendidikan masyarakat dan setahu saya saya ada LPDP afirmasi juga dikhususkan untuk calon penerima beasiswa yang berasal dari daerah 3T. Kalau saya tentu sangat berminat untuk ikuti program ini, karena syaratnya masih dapat dipenuhi.

Untuk pemerintah sarannya, saya dapat infommasi beasiswa LPDP-nya berdasarkan kebijakan yang baru cuma satu kali dalam satu tahu. Apakah infonya benar?. Apila benar apakah memungkinkan untuk tetap dilakukan empat kali dalam satu tahun.

3. Ardiles (27) Pegawai Swasta

Menurut saya beasiswa ini sangat menarik, karena tidak semua kampus diluar bisa digabungkan dengan beasiswa ini, hanya kampus-kampus terbaiklah yang bisa mendapatkan LPDP. Selain itu persiapan keberangkatan juga dilakukan dengan sangat baik untuk mempersiapkan award yang bisa survive dikampusnya masing-masing.

Tentu saya berminat. Menurut saya syaratnya sudah sesuai karena hal-hal yang dipersyaratka memang ditujukan untuk bisa bertahan dikampus terbaik. Saran saya ke pemerintah semua kuantitas penerima LPDP bisa lebih ditingkatkan.

4. Saras (24) Wirausaha

Menurut saya beasiswa ini peluang murid-murid terbaik Indonesia bisa merasakan sekolah ke luar negeri. Tentu lulusan LPDP merupakan lulusan terbaik. Saya kalau bisa lolos ya mau dapat beasiswa, tapi kan seleksinya lumayan sulit yah.

Tapi karena sulit itu, saya percaya yang lolos seleksinya murid terbaik kita. Kalau gak salah sekarang baru sekali setahun yang diberangkatkan, menurut saya pemerintah tambah lagi, supaya semakin banyak murid Indonesia merasakan sekolah ke luar negeri.

5. Elsa (39) Ibu Rumah Tangga

Menurut saya beasiswa LPDP bagus. Bisa membantu masyarakat Indonesia yang memiliki kemampuan dibidang pendidikan tinggi namun terbentur biaya. Kalau saya sendiri minat, tapi belum masih bisa ikut atau gak karena umur udah melebihi batas syarat.

Karena beasiswa ini untuk membawa anak terbaik kita, tentu persyaratannya maish sulit. Siapa yang lolos berarti yang terbaikan. Tentu saran saya semoga LPDP terus ada, karena dari sini semakin banyak orang terbaik di Indonesia. Semoga lulusan bisa bangun Indonesia yah, itu doa saya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini