nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BEI Beri Batas Waktu soal Transaksi Margin

Agregasi Senin 13 Februari 2017 11:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 13 278 1616775 bei-beri-batas-waktu-soal-transaksi-margin-wRvCNzZ1PQ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mengoptimalkan fasilitas transaksi marjin yang sudah dibuka lebar-lebar oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI), ke depan pihak BEI memberikan waktu hingga akhir bulan Februari ini, kepada para anggota bursa (AB) untuk memindahkan transaksi marjin yang menggunakan rekening regular ke rekening marjin.

”Margin mudah-mudahan sudah mulai. Aturan sudah mulai. Tapi sebulan terakhir diberikan kesempatan untuk pindahkan. Dari tanggal 6 sampai akhir bulan ini,” kata Direktur BEI, Alpino Kianjaya di Jakarta, kemarin.

Dia menjelaskan, saat ini nilai transaksi marjin diluar saham marjin dan menggunakan rekening reguler justru lebih besar nilainya dibanding nilai transaksi direkening marjin. "Rekening reguler dengan penalangan sekarang mencapai Rp3 triliun sementara rekening hanya Rp1triliun," ujar dia.

Menurutnya, BEI telah menambah saham marjin dari 62 saham menjadi 180 saham bagi nasabah AB dengan MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) diatas Rp250 miliar. AB pun diharapkan segera merapihkan transaksi marjin yang dilakukan nasabahnya. Pasalnya, selama ini banyak AB memberikan pinjaman dana kepada nasabahnya untuk melakukan transaksi terhadap saham-saham di luar daftar saham diluar daftar saham marjin yang dikeluarkan oleh BEI setiap bulannya.

"Karena di luar saham marjin maka mereka melakukan penalangan dengan rekening reguler," tukasnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini