Cerita BJ Habibie Kerja di Perusahaan Kecil, Namanya Airbus

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 13 Februari 2017 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 13 320 1617216 cerita-bj-habibie-kerja-di-perusahaan-kecil-namanya-airbus-kZQbCLh0fh.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bicara soal Presiden Republik Indonesia ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie tidak lepas dari industri pesawat terbang. Sebab, Habibie adalah salah satu orang yang berkontribusi dalam berkembangnya industri penerbangan di RI.

Dalam acara Presidential Lecture yang diinisiasi oleh Bank Indonesia melalui BI Institute, Habibie berkisah pengalamannya di industri penerbangan. Lulus S3, Habibie mengaku bekerja di industri penerbangan. Siapa sangka, industri kecil-kecilan tersebut kini adalah perusahaan aviasi Internasional Airbus.

“Saya lulus S3, saya bekerja ke industri yang kecil-kecil saja, yang buat pesawat sipil, bukan fighter atau sejenisnya, dan perusahaan kecil itu adalah Airbus sekarang," ucap BJ Habibie di Gedung Bank Indonesia, Senin (13/2/2017).

Habibie bercerita, membangun industri penerbangan memang cita-citanya. Namun, untuk mewujudkannya memang tak mudah. Bukan hanya soal Sumber Daya Manusia (SDM).

"Di dunia ini hanya tiga industri dirgantara yang dibubarkan, Jepang karena perang, Jerman juga karena perang, dan Indonesia. Tapi Indonesia dibubarkan itu karena krisis, tragis memang," katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini