Image

Rapat Dua Kali, Ini Kesepakatan Darmin Cs dan Komisi XI

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2017, 16:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 14 20 1618118 rapat-dua-kali-ini-kesepakatan-darmin-cs-dan-komisi-xi-qdhtDpX1EB.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Siang ini Komisi XI DPR RI kembali menggelar rapat kerja bersama pemerintah. Rapat ini merupakan lanjutan dari rapat yang digelar pada 9 Februari lalu.

Rapat dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur BI Agus Martowardojo dan Ketua DK Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad. Raker hari ini membahas mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Setelah dua kali rapat membahas mengenai evaluasi KUR, sejumlah kesimpulan di sepakati pemerintah, BI, OJK dan Komisi XI.

Kesimpulan pertama, Komisi XI menyatakan komitmennya untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penyaluran KUR. Dengan catatan, gelontoran KUR tahun ini harus tetap mengedepankan aspek efektivitas, untuk menjangkau masyarakat yang berhak mendapatkan KUR.

"Tidak usah lama-lama untuk kesimpulan. Biar cepat," kata Ketua Komisi XI DPR Melchias Marcus Mekeng di DPR, Selasa (14/2/2017).

Komisi XI juga meminta pemerintah, Bank Indonesia, maupun Otoritas Jasa Keuangan untuk terus mensosialisasikan program KUR kepada masyarakat. Komisi XI memandang, masih banyak segelintir masyarakat yang belum mengetahui secara jelas program tersebut.

"Kemudian, Komisi XI meminta pemerintah untuk tetap mengutamakan porsi penyaluran KUR mikro, dengan meningkatkan plafon yang sesuai," ujarnya.

Pemerintah dan pemangku kepentingan juga diminta mempermudah akses KUR.

Kesimpulan berikutnya, Komisi XI meminta penyaluran KUR yang diberikan, dapat memberikan keberpihakan setiap daerah masing-masing di luar pulau Jawa, dan daerah-daerah yang terkonsentrasi sebagai daerah yang masuk dalam kategori miskin.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini