nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK Beri Waktu 2 Tahun bagi Pegadaian Swasta untuk Mendaftar

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2017 13:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 14 320 1617899 ojk-beri-waktu-2-tahun-bagi-pegadaian-swasta-untuk-mendaftar-z7SgfqHuyd.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau pemilik usaha pegadaian swasta untuk segera mendaftarkan diri ke pihaknya. Hal itu sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian.

Tren usaha pegadaian swasta di Indonesia saat ini semakin berkembang. Tidak hanya di kota besar, pegadaian swasta muncul hampir merata di setiap provinsi.

“Kalau pegadaian jumlahnya banyak karena ini hampir semua provinsi sudah berdiri gadai swasta. Meskipun ada yang tiba-tiba ada, beberapa bulan ke depan tidak ada, tapi memang jumlah yang mendekati hampir 1.000,” terang Deputi Komisioner Pengawas IKNB OJK, Dumoly F Pardede, Selasa (14/2/2017).

OJK juga mengimbau seluruh usaha pegadaian tersebut untuk segera mendaftarkan usahnya. OJK memberi waktu bagi pemilik pegadaian selama dua tahun sejak dikeluarkannya Peraturan Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian.

“Tapi dari sejak kami keluarkan ini, kami memberikan masa transisi dalam jangka dua tahun harus severs mendaftarkan dan mengajukan permodalan,” tambah Dumoly.

Ia mengatakan, sejak diterbitkannya Peraturan Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian pada Juli 2016, baru belasan pelaku usaha yang resmi mendaftar.

“Yang sudah mendaftarkan ini baru belasan,” ujarnya. Jumlah tersebut diharapkan terus meningkat setelah dilakukan sosialisasi Peraturan Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian.

Pegadaian di tingkat kabupaten atau kota nantinya dapat memproses perijinannya di kantor OJK daerah. Sementara pegadaian tingkat provinsi akan mendapat perizinan langsung dari kantor OJK di Jakarta.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini