Duh, Harga Komoditas Buat RI Lupa Bangun Industri Hilir

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2017 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 14 320 1618060 duh-harga-komoditas-buat-ri-lupa-bangun-industri-hilir-bDrXcIIapT.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Tingginya harga komoditas dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang turut berdampak positif bagi ekonomi Indonesia. Pasalnya, kinerja ekspor Indonesia turut membaik dengan sehingga mampu mengangkat pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Hanya saja, menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia selama ini terbuai dengan tingginya harga komoditas global. Akibatnya, Indonesia melupakan pembangunan pada sektor industri bagian hilir.

"Kita lama terbuai dengan tingginya harga komoditas sehingga akhirnya melupakan pembangunan industri hilir, industri pengolahan untuk mendapatkan nilai tambah dari sumber daya alam yang kita miliki," tuturnya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Menurut Jokowi, pemerintah perlu memulai untuk mengembangkan industri hilir karena akan berpengaruh langsung pada masyarakat. Pembangunan industri hilir pun mmapu membuka lapangan pekerjaan dan menggerakkan ekonomi di daerah.

"Selain pengembangan industri hilir kita juga perlu memikirkan menggali potensi-potensi di Kalimantan Tengah yang belum tereksplorasi sebagai alternatif untuk menjaga keberlanjutan momentum pertumbuhan ekonomi," tutur Jokowi.

Daerah Kalimantan Tengah, lanjut Jokowi, perlu mengembangkan potensi ekonomi yang belum tersentuh agar tidak tergantung pada eksploitasi minerba dan kekayaan hutan. Pasalnya, sumber daya alam ini suatu saat akan habis karena tidak dapat diperbaharui.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini