Image

Menko Darmin: Freeport Masih Untung Walau Ikuti Aturan

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 15 Februari 2017, 14:34 WIB
https img k okeinfo net content 2017 02 15 320 1619055 menko darmin freeport masih untung walau ikuti aturan fAJOIzqhUH jpg Darmin Nasution di TPS 09 (Foto: Kurniasih MJ/Okezone)

JAKARTA - Perusahaan raksasa tambang asal Amerika Serikat (AS) PT Freeport Indonesia mengajukan syarat sebelum perubahan status kontrak karya (KK) menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Freeport ingin agar aturan pajak dan royalti di IUPK bersifat naildown seperti yang ada di KK, yakni besaran pajak dan royalti yang dibayarkan Freeport bersifat tetap dan tidak ada perubahan hingga masa kontrak berakhir.

Sementara‎, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 2017, aturan pajak dan royalti bersifat prevailing atau mengikuti aturan pajak yang berlaku. Sehingga, pajak yang dibayarkan Freeport berubah-ubah sesuai aturan pajak yang berlaku saat itu.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian berpendapat, sebenarnya Freeport hanya ingin kepastian investasi jangka panjang.

"‎Sebetulnya memang kelihatannya Freeport ingin ada kepastian berapa pajaknya sampai dengan nanti dapat perpanjangan dan sebagainya," katanya di TPS 09 Pancoran, Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Menurut Darmin, Freeport masih tetap untung meskipun aturan pajaknya bersifat prevailing. Pasalnya, besaran pajak yang ditetapkan pemerintah saat ini justru mengalami penurunan.

"Sebetulnya arah pajak kita turun. Tapi dia (Freeport enggak mau)," ucap dia. (rzy)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini