Image

Menteri Pertambangan Era Soeharto: Pemerintah Harus Tegas Tapi Adil soal Freeport

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 15 Februari 2017, 16:30 WIB
https img z okeinfo net content 2017 02 15 320 1619235 menteri pertambangan era soeharto pemerintah harus tegas tapi adil soal freeport ciJ1HfRceL jpg Menteri Pertambangan era Soeharto (Foto: Lidya Sembiring/Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Pertambangan dan Energi pada era Soeharto atau sekarang lebih dikenal dengan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Soebroto, melihat jika mengenai status PT Freeport Indonesia (PTFI) yang belum ada kejelasan, Pemerintah harus memberikan ketegasan sehingga PTFI tidak remeh terhadap peraturan di Indonesia.

"Pemerintah harus tegas tapi adil dalam mengambil keputusan status Freeport dari Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK)," ujar Soebroto di Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).

Menurutnya, PTFI tidak ada pilihan lain selain mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian ESDM. Ia juga mengatakan PTFI terlalu dimudahkan oleh Pemerintah karena dulu ia merupakan investasi asing pertama yang masuk ke Indonesia.

"Pokoknya Freeport harus tunduk pada peraturan yang ada. Mengenai persyaratan soal pajak tetap ini sebaik mungkin diberikan dalam bentuk izin, kalau ada kepastian barulah UU-nya harus mengikuti," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini