Image

Pilgub DKI Turut Tentukan Ekonomi Indonesia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 06:54 WIB
https img z okeinfo net content 2017 02 16 20 1620031 pilgub dki turut tentukan ekonomi indonesia LoaFm6TIx8 jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta kemungkinan besar akan dilanjutkan dengan putaran kedua. Pasalnya, dari penghitungan cepat sejumlah lembaga survei, tak ada satupun pasangan calon yang mencapai perolehan suara 50% plus 1.

Pemilihan Gubernur DKI ini sedikit banyak akan berdampak pada ekonomi Indonesia. Pasalnya, menurut Ekonom INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara, DKI Jakarta adalah salah satu tolak ukur dan perhatian para investor dari berbagai negara.

"Dibandingkan daerah lainnya, DKI lebih memberikan pengaruh," tuturnya kepada Okezone.

Apabila hasil penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Pilgub DKI Jakarta harus dilakukan dalam dua putaran, maka hal ini akan berdampak pada keputusan investor untuk berinvestasi di Indonesia. Bahkan, investor nantinya akan cenderung menahan investasi sampai adanya keputusan pemenang Pilgub secara final dati KPU.

"Jadi kalau ada putaran kedua, investor akan kembali melihat dan menunggu," imbuhnya.

Seperti diketahui, berdasarkan penghitungan cepat dari sejumlah lembaga survei, perolehan suara antara pasangan nomor urut 2 dan nomor urut 3 terbilang cukup ketat.

Mengutip data dari iNews Research, pasangan nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono dan Syiviana Murni memperoleh suara 17,42% dan pasangan nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat memperoleh suara 42,1%. Adapun pasangan nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno memperoleh suara sebesar 40,48%.

Apabila hasil penghitungan KPU tak berbeda jauh dari hasil hitung cepat ini, maka kemungkinan besar Pilgub DKI Jakarta akan dilakukan dalam 2 putaran antara pasangan nomor urut 2 dan nomor urut 3. Artinya, ekonomi Indonesia masih akan cukup berdampak hingga Pilgub DKI Jakarta putaran kedua selesai dilakukan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini