Image

Tiga Kali Ditahan, Mungkinkah Suku Bunga Acuan BI Turun Tahun Ini?

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017, 18:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 16 20 1620439 tiga-kali-ditahan-mungkinkah-suku-bunga-acuan-bi-turun-tahun-ini-flJU348cFA.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia memutuskan untuk menahan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7-Day RR Rate) di level 4,75%. BI terakhir kali menurunkan suku bunga acuannya pada Oktober 2016.

Artinya sudah tiga kali beruntun BI memilih mempertahankan suku bunga acuannya. Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan, ruang pelonggaran moneter ke depannya agak sempit.

"Kita melihat ruangnya (pelonggaran moneter) enggak terlalu besar karena kondisi ketidakpastian dunia, Amerika,Eropa," kata dia di Gedung BI, Kamis (16/2/2017).

Sementara di dalam negeri, lanjut dia, BI masih ingin meyakinkan pengendalian inflasi bisa terjaga.

Meski terus mengamati kondisi dalam dan luar negeriz, Agus menekankan hingga kini sikap BI masih berhati-hati dalam melonggarkan kebijakan moneter.

"Kita menyampaikan bahwa stance kita causiosly acomodative, masih sama seperti bulan lalu dan kita melihat bahwa untuk pelonggaran ini ada kondisi internal domestik kita yang perlu kita waspadai, seperti inflasi," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini