Image

2016 Terkendali, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2017 di 5,4%

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017, 18:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 16 20 1620444 2016-terkendali-bi-prediksi-pertumbuhan-ekonomi-2017-di-5-4-RYILzwI2iO.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memantau perkembangan perekonomian Indonesia. Pertumbuhan ekonomi 2017 diperkirakan berada pada kisaran 5,0-5,4% (yoy).

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, pertumbuhan tersebut ditopang oleh konsumsi swasta yang masih tumbuh kuat, peningkatan konsumsi pemerintah serta perbaikan investasi baik swasta maupun pemerintah.

"Pertumbuhan ekspor diperkirakan juga mengalami peningkatan, yang diiringi dengan impor sejalan dengan kenaikan permintaan domestik," Agus dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Agus mengatakan, hal ini ditopang dari pertumbuhan ekonomi Indonesia 2016 terus meningkat. Salah satunya didukung oleh masih kuatnya konsumsi rumah tangga, serta perbaikan ekspor dan kinerja investasi.

Seperti diketahui, perekonomian tercatat tumbuh sebesar 5,02% (yoy), membaik dibandingkan dengan tahun 2015 yang tumbuh sebesar 4,88% (yoy).

Dirinya mengatakan, konsumsi rumah tangga tumbuh cukup kuat didukung oleh terjaganya daya beli seiring dengan inflasi yang terkendali. Kinerja ekspor menunjukkan perbaikan ditopang meningkatnya volume perdagangan dunia serta harga beberapa komoditas seperti batubara dan minyak sawit.

"Perbaikan kinerja investasi terutama didorong oleh pertumbuhan investasi nonbangunan dalam bentuk kendaraan dan peralatan lainnya, sementara investasi bangunan melambat sejalan dengan lebih rendahnya ekspansi fiskal," ujar Agus.

Dari sisi spasial, lanjutnya, pertumbuhan ekonomi di Sumatera dan Jawa mengalami peningkatan, sementara Kawasan Timur Indonesia (KTI) melambat.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini