Image

Gubernur BI Sebut Fed Rate Hanya Naik 2 Kali Tahun Ini

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017, 20:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 16 20 1620505 gubernur-bi-sebut-fed-rate-hanya-naik-2-kali-tahun-ini-9OhV4sfFSY.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Sentral Amerika Serikat memberi sinyal bakal menaikkan suku bunga acuan sebanyak tiga kali di tahun ini. Hal ini sejalan dengan laju inflasi yang sudah sesuai sasaran dan data tenaga kerja yang positif.

Namun Bank Indonesia (BI) masih meyakini bunga acuan AS alias Fed Fund Rate hanya akan naik sebanyak dua kali tahun ini. Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan, pihaknya akan terus memantau perkembangan yang terjadi di AS.

"Kita memahami bahwa di AS itu mereka sudah mencapai tingkat inflasi sebeagaimana rencana mereka dan proyeksi mereka. Dan malah sudah lebih dari 2%. Dan kita juga menyimak perkembangan ketenagakerjaan atau employement dimana perkembangannya menunjukkan kondisi yang baik," ucap dia di Gedung BI, Kamis (16/2/2017).

"Kita akan menyimak apa akan ada peningkatan Fed lebih awal. Sementara ini kita masih merasa akan naik dua kali. Dan kalau Fed meningkat tentu itu faktor yang kita perhatikan," imbuh dia.

Mantan Menteri Keuangan ini mengatakan, pihaknya bakal mengamati arah kebijakan fiskal AS di bawah kepemimpinan Presiden AS Donald Trump. Pasalnya, ada indikasi Trump akan melakukan relaksasi terhadap aturan di sistem keuangan.

"Hal seperti ini akan berdampak pada stabilitas keuangan dunia dan berdampak kepada Indonesia. Sejauh ini, dari kajian yang kita lakukan selama dua hari, ekonomi Indonesia dalam keadaan terjaga. Stabilitas terjaga dan ada kecenderungan pertumbuhan ekonomi yang membaik," tukas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini