Image

Menko Darmin Inginkan Indonesia Miliki Pasar Ekspor Baru

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017, 20:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 16 20 1620517 menko-darmin-inginkan-indonesia-miliki-pasar-ekspor-baru-QeDIqe3inR.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Neraca perdagangan Indonesia tercatat mengalami surplus. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai ekspor dan impor pada Januari surplus sebesar USD1,40 miliar.

BPS mencatat, nilai ekspor Januari 2017 sebesar USD13,38 miliar atau naik 27,71% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy). Sementara dibanding Desember 2016, ekspor Januari 2017 mengalami penurunan 3,21%.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, tingginya nilai ekspor ini harus direspons secara positif oleh pemerintah. Salah satunya adalah dengan mencari pasar baru untuk meningkatkan nilai ekspor pada berbagai produk di Indonesia.

"Ya memang kita ingin mengembangkan market baru, yang lama juga tetap, seperti AS, China, Jepang dan Eropa. Tapi kita mau segera bisa ke India, Iran, Pakistan, Afrika Selatan, Nigeria, itu negara besar semua, bukan negara kecil," kata Darmin di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Menurut Darmin, hal ini perlu dilakukan oleh Indonesia pada saat keadaaan ekonomi global tidak stabil. Sebab, butuh waktu lama bagi Indonesia untuk memulihkan sektor ekspor apabila tetap mengandalkan tujuan ekspor tradisional.

"Jadi kalau nunggu-nunggu negara besar dan lama bangkit dulu, kita enggak dapat. Kita harus segera masuk," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini