Image

Pasca Pilkada, Ekonomi Indonesia Baru Menggeliat Mulai Kuartal III

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 00:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 16 20 1620550 pasca-pilkada-ekonomi-indonesia-baru-menggeliat-mulai-kuartal-iii-y6qkKYNiTZ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) telah usai dilaksanakan di 101 daerah di Indonesia. Terdapat 7 provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten yang pada hari ini melakukan pemilihan kepala daerah. Pelaksanaannya pun berjalan lancar tanpa adanya kendala keamanan yang berarti.

Pilkada kali ini pun turut memberikan dampak bagi perekonomian secara nasional, khususnya dalam hal investasi. Pasalnya, investor masih menunggu hasil pemilihan untuk memutuskan berinvestasi di Indonesia.

"Jadi investor kalau kita lihat masih menunggu Pilkada, karena ini juga menyangkut keamanan dan kepastian berinvestasi," kata Ekonom INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara kepada Okezone.

Namun, investor diprediksi tidak serta merta menanamkan modalnya dalam waktu dekat kepada berbagai sektor di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah adanya kemungkinan putaran kedua pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

"Jadi DKI ini sangat menentukan dan menjadi perhatian investor," imbuhnya.

Diperkirakan, arus investasi akan kembali normal pada kuartal ketiga tahun 2017. Tepatnya setelah putaran kedua pemilihan kepala daerah selesai dilakukan.

"Kalau kuartal kedua belum. Saya lihat kuartal ketiga baru bisa kembali normal," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini