Image

5 Tahun Bertugas, Ini Tantangan yang Dihadapi Dewan Komisioner OJK

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017, 11:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 16 320 1619869 5-tahun-bertugas-ini-tantangan-yang-dihadapi-dewan-komioner-ojk-IHaRUthH9L.jpg Foto: Lidya/Okezone

JAKARTA – Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) akan berakhir masa jabatannya pada Juli 2017. Jelang berakhirnya periode 5 tahun, OJK menggelar dialog guna memberikan masukan dan saran atas pelaksanaan pengaturan dan pengawasan OJK sebagai lembaga pengawas keuangan.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Firdaus Djaelani hadir dalam acara dialog tentang sektor industri lembaga keuangan khusus ini. Acara ini juga dihadiri oleh para pimpinan industri lembaga keuangan khusus seperti perusahaan penjaminan, pegadaian, Danareksa, BPJS, PNM, SMF dan lain-lain.

"Tanpa terasa periode 5 tahun akan berakhir. Kami menyadari selama periode pertama DK-OJK pada tahun-tahun pertama bertugas masih berfokus pada transisi pengalihan kewenangan dari lembaga asal ke OJK," ungkapnya di Hotel Doubel Tree, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Menurutnya, awal periode pertama, pihaknya dihadapi oleh berbagai tantangan. Seperti pemulihan kondisi ekonomi global yang berjalan tak seimbang, sehingga harus ada upaya ekstra keras untuk memulihkan ekonomi menjadi stabil.

"Namun di tengah seluruh dinamika itu, kami mencatat capaian kinerja IKNB masih positif. Porsi aset IKNB terhadap sektor jasa keuangan meningkat. Saat ini IKNB memegang porsi 20,8% dari total aset jasa keuangan atau sebesar Rp1.845 triliun pada akhir tahun 2016," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini