Image

2 Strategi OJK Hadapi Guncangan Ekonomi Global

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017, 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 16 320 1620061 2-strategi-ojk-hadapi-guncangan-ekonomi-global-tnAfNA54it.jpg Kantor OJK. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kondisi perekonomian global yang belum menunjukkan stabilitas membuat ekonomi Indonesia belum melaju maksimal. Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus memutar otak guna demi mempertahankan laju ekonomi.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKBN) Firdaus Djaelani mengatakan, ada dua hal yang menjadi strategi khusus untuk dapat bertahan terhadap guncangan ekonomi dunia.

"Pertama kita akan fokus bagaimana peran sektor jasa keuangan dapat lebih kontributif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya beli masyarakat dan sekaligus mendorong distribusi pendapatan yang lebih merata," ungkapnya di Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Strategi kedua, OJK akan fokus pada bagaimana kontribusi sektor jasa keuangan dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan ketahanan dan stabilitas sistem keuangan.

Menurutnya, kedua aspek ini diyakini akan menjadi kunci bagai Indonesia untuk mengarungi 2017 dan juga tahun berikutnya. Penyebaran sentra pertumbuhan juga perlu dipercepat agar hasil pembangunan dapat dinikmati secara lebih merata.

Sementara itu, ketahanan dan stabilitas sistem keuangan mutlak diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap prospek dan fundamental sektor jasa keuangan.

"Inisiatif-inisiatif yang kami susun diharapkan juga dapat memperluas akses keuangan oleh seluruh kalangan masyarakat," jelas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini