Image

Unik! Belakang Rumah Ini Seperti Tertimbun Tanah

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 05:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 16 470 1619801 unik-belakang-rumah-ini-seperti-tertimbun-tanah-UbB6KjPHRU.jpg Foto: Odd City Central

MARYLAND - Sebuah rumah di Clinton, Maryland terbilang cukup menipu. Soalnya, jika dilihat dari bagian depan, rumah dua lantai ini tampak seperti rumah tapak pada umumnya, ditambah lagi dindingnya penuh dengan batu bata. Namun, siapa menyangka ternyata bila ditengok bagian belakangnya, bangunan ini justru tertimbun tanah.

Dilansir dari laman Odd City Central, rumah ini dibangun pada 2006 oleh Formworks Buildings Inc., sebuah perusahaan perancang bangunan-bangunan ramah lingkungan. Properti seluas 3.300 kaki persegi ini memiliki tiga kamar tidur, termasuk kamar tidur utama, dua kamar mandi besar, dan sebuah garasi di bagian belakangnya.

Perusahaan arsitek yang telah berkiprah selama 30 tahun ini mengklaim penghuni rumah membayar tagihan listrik lebih sedikit 90% dari penghuni rumah-rumah pada umumnya. Pada 2015, terungkap panas bumi dan pendinginan alami menyebabkan tagihan listrik per bulannya rata-rata hanya USD150 atau setara Rp2 juta (mengacu kurs Rp13.367 per USD).

Arsitek juga menyebutkan rumah itu adalah proyek yang sempurna. Soalnya, rumah dapat menahan hampir semua tantangan cuaca dan bahkan sangat hemat energi. Bagian atas rumah tertutup oleh sekitar 3 kaki gundukan tanah, dan di sisi sekitarnya ada gundukan tanah hingga 25 kaki. Gundukan tanah tersebut mampu mengisolasi suhu dan udara yang sangat baik.

Pada 2015, rumah ini berada di pasaran untuk dijual dan terjual pada dua tahun lalu. Saat ini harganya naik hingga mencapai USD425 ribu atau Rp5,68 miliar.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini