Image

Wow, Bandung Akan Bangun 600 Jembatan Gantung

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017, 14:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 16 470 1619989 wow-bandung-akan-bangun-600-jembatan-gantung-waJ3pr8qmc.jpg Ilustrasi : Shutterstock

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana membangun 600 jembatan gantung tahun ini. Anggaran sebesar Rp25 miliar disiapkan untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Mudah-mudahan 600 jembatan atau rawayan bisa kami bangun di 2017 ini,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Bandung kemarin. Dia mengaku, telah memiliki data sebanyak 600 titik jembatan yang akan dibangun atau merenovasi jembatan yang sudah ada sebelumnya. Untuk anggarannya sendiri, kata dia, telah disiapkan di dalam APBD murni tahun anggaran 2017 sebesar Rp25 miliar.

“Kalau kurang (di murni) akan kami tambah nanti di perubahan,” ujarnya. Dalam pembangunan jembatan gantung tersebut, Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan mengatakan, akan melibatkan tenaga ahli dari ITB termasuk tim dari Pusat Jalan dan Jembatan. Hal itu dilakukan agar pembangunan jembatan ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Kualitas pekerjaannya pun bisa dipertanggungjawabkan secara teknis agar hasilnya maksimal. Pihaknya juga akan melibatkan relawan atau lembaga swadaya masyarakat untuk mencari lokasi atau titik mana yang perlu dibangun jembatan. Seperti yang dilakukan relawan Vertical Rescue Indonesia.

“Kebetulan mereka memiliki program seribu jembatan, nah gagasan mereka ketemu dengan program kami, kami akan kerja sama dengan mereka,” ucapnya. Dia menambahkan, satu jembatan diperkirakan menghabiskan anggaran sebesar Rp50 juta dengan panjang jembatan 50 meter. Rata-rata jembatan yang dibangun berada di pedesaan. Sehingga ke depan akan meningkatkan pergerakan orang dan barang yang selama ini terganggu. Pembangunan 600 jembatan ini pun kata Aher, akan mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

“Pokoknya saya tidak mau lagi ada anak yang mau ke sekolah sampai bergelantungan di jembatan,” tegasnya. Bila target 600 pembangunan jembatan ini tercapai, rencananya Pemprov Jabar akan mendeklarasikannya di penghujung 2017. “Kami akan deklarasikan pembangunan 600 jembatan ini di akhir tahun karena kalau terwujud ini adalah prestasi besar,” ujarnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini