Image

Ada Proyek Senilai Rp570 Triliun Tanpa Anggaran Pemerintah

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 15:05 WIB
https img o okeinfo net content 2017 02 17 20 1621130 ada proyek senilai rp570 triliun tanpa anggaran pemerintah XRCcFazDRG jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah memiliki skema baru dalam pembangunan infrastruktur, yaitu Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA). Berbeda dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), pada skema PINA, pemerintah tidak menggunakan APBN.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, terdapat beberapa proyek yang akan dibangun dengan skema ini senilai Rp570 triliun. Namun, proyek ini akan dimulai secara bertahap sejak tahun ini. Salah satu proyek yang akan dibangun adalah pengembangan pelabuhan.

"Tahun ini kemungkinan push kepada pembangunan 7 hub pelabuhan, itu nanti Pelindo butuh tambah modal juga, kemudian kilang ada 1-2 kilang pertamina yang akan juga didorong untuk dicari tambahan modalnya. Kemudian yang dalam pipe line waktu dekat adalah jalan tol, artinya yang di luar waskita, kan masih ada jasa marga masih ada yang lain. Ada beberapa yang akan kita kerjakan tahun ini," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Pada skema ini, pemerintah tak akan membatasi pihak swasta yang akan terlibat. Pemerintah pun tetap akan memberikan fasilitas kepada pihak swasta pada skema ini.

"Karena swasta tidak mungkin dapat APBN. Jadi dengan kita mendekatkan kelolaan dana jangka panjang kepada infrastruktur, mudah-mudahan swasta lebih tinggi minatnya kepada infrastruktur," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini