Image

Jokowi: Berkat Tol Laut, Masyarakat dapat Berjualan Kelapa

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 12:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 17 320 1620955 jokowi-berkat-tol-laut-masyarakat-dapat-berjualan-kelapa-l1LcqPI0zz.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Berbagai proyek infrastruktur saat ini tengah dibangun pada berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah proyek tol laut.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), program tol laut saat ini telah menunjukkan berbagai dampak positif bagi ekonomi daerah. Salah satunya adalah turunnya harga akibat semakin murahnya biaya transportasi.

"Jadi saya berikan contoh satu saja Misalnya tol laut, tol laut yang dulunya sebuah Pelabuhan tidak didatangi oleh kapal secara rutin. Sekarang didatangi secara rutin jamnya, harinya, minggunya, berapa, ada terus," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Bahkan, berkat adanya program tol laut, masyarakat kecil dapat menjual dengan mudah hasil bumi pada suatu daerah. Salah satunya adalah kepala atau kopra (daging buah kelapa yang dikeringkan).

"Saya ini mendengar langsung dari rakyat, mereka bisa berjualan kelapa atau kopranya. Kenapa? karena ada pedagang datang membeli kopra di kampung-kampung, pedagang itu bisa membawa barang-barang itu karena ada kapal yang jelas. Kapan kapal itu tiba, kapan kapal itu berangkat," tutupnya.

Hal ini pun juga digunakan oleh Jokowi untuk menganalogikan dampak dari pembangunan jalan tol. Pembangunan jalan tol dinilai perlu dilakukan untuk dapat mempercepat mobilitas barang pada berbagai daerah di Indonesia.

"Jadi kita jangan berpikir bahwa tol road, jalan tol ini juga hanya berkaitan dengan yang besar-besar, tidak, dengan BUMN juga, tidak. Karena begitu jadi jalan tol itu nanti bisa mempercepat mobilitas barang, mobilitas orang yang akhirnya akan juga menurunkan harga-harga di daerah-daerah yang dilalui oleh jalan tol itu," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini