Image

Minyak Mentah Impor Asal Iran Akan Diolah di Kilang Cilacap

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 19:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 17 320 1621572 minyak-mentah-impor-asal-iran-akan-diolah-di-kilang-cilacap-j08tde0HXa.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) dengan perusahaan migas asal Iran National Iranian Oil Company (NIOC) telah menyepakati kerjasama impor minyak. Disepakati, Pertamina akan mengimpor 1 juta barel minyak dari Iran sebagai uji coba.

Vice President Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina Daniel Purba mengatakan, impor ini akan dilakukan dengan besaran 1 kargo. Belum terdapat rencana penambahan impor karena pemerintah masih akan melihat kualitas minyak yang dihasilkan.

"Belum (ada rencana penambahan), nanti kita terima dulu. Kita evaluasi, kita tes dulu apakah memang cocok secara teknis. Kalau cocok secara teknis, kita akan negosiasi secara komersialnya," tuturnya di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Diperkirakan , kapal yang mengangkut minyak impor ini akan tiba di Indonesia pada tanggal 19 Februari mendatang. Pemerintah pun akan melakukan pengetesan hasil olahan minyak mentah ini pada Maret mendatang. Minyak mentah ini nantinya akan diolah pada kilang Cilacap.

Selain minyak mentah, pemerintah juga berencana untuk melakukan impor LNG dari Iran. Namun, impor ini belum akan dilakukan mengingat masih dibutuhkannya sejumlah pembahasan.

"LNG belum, belum ada pembicaraan khusus. Peluangnya memang di sana ada project katanya yang akan didevelope tapi kita monitor dulu aja proyeknya seperti apa. Nanti Mungkin peluangnya dari situ kita akan buka pembicaraan kalau sudah siap," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini